Jumat, 11 Agustus 2023

POLA PENGEMBANGAN TEKS DESKRIPSI

MATA PELAJARAN             : BAHASA INDONESIA

FASE / KELAS                      : FASE D/ VII B

TEMA                                     : CERDIK BERWACANA DESKRIPSI

ELEMEN                                : MENULIS

PERTEMUAN                       : 6

GURU PENGAMPU             : NADYA RAMANDHANI, S.Pd.

WAKTU PEMBELAJARAN: JUMAT, 11 Agustus 2023

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Pada akhir fase D Peserta didik mulai mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan melalui teks deskripsi, narasi, prosedur, eksposisi, rekon, persuasif, dan teks transaksional menggunakan media multimodal.

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN :

 

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik dapat mengimplementasikan penyajikan teks deskripsi dengan baik melalui latihan menyunting penggunaan huruf kapital, tanda titik, tanda koma, serta kata  depan dalam kalimat dengan tepat.

 

 

MATERI PEMBELAJARAN :

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari materi Langkah-Langkah Menyusun Teks Deskripsi, ada yang masih ingat apa saja langkah-langkah dalam menyusun teks deskripsi?

Jadi, Langkah-langkah dalam menyusun teks deskripsi antara lain; Menentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan, Melakukan observasi, Membuat kerangka karangan, Mengembangkan kerangka karangan, Merinci objek, dan Menyunting karangan.

 

Pada pertemuan hari ini kita akan membahas materi tentang Pola Pengembangan Teks Deskripsi, yang terdiri atas Deskripsi spasial, Deskripsi sudut pandang, Deskripsi pengamatan (observasi), dan Deskripsi fokus.

Silahkan kalian pahami materi Pola Pengembangan Teks Deskripsi di bawah ini.

 

Pola Pengembangan Teks Deskripsi:

1.      Deskripsi spasial

Pola deskripsi spasial merupakan suatu pola pengembangan paragraf yang menggambarkan objek berupa ruang, benda, atau tempat

 

2.      Deskripsi sudut pandang

Pola deskripsi sudut pandang merupakan pola yang didasrkan atas posisi penulis dalam mengambarkan objek. Pola pengembangan sudut pandang ada dua yaitu sudut pandang subjektif dan sudut pandang objektif

 

3.      Deskripsi pengamatan (observasi)

Pola deskripsi pengamatan (observasi) adalah suatu pola paragraf yang dikembangkan dengan melakukan pengamatan terhadap objek yang akan dideskripsikan. Pembaca seolah-olah dapat melihat atau mengalami sendiri tentang objek yang dilukiskan

 

4.      Deskripsi fokus

Pola deskripsi fokus merupakan suatu pola yang dikembangkan dengan menonjolkan suatu bagian objek yang dideskripsikan. Perhatian pembaca atau pendengar terfokus pada bagian objek yang dideskripsikan. Paragraf deskripsi fokus dapat digunakan untuk menjelaskan peristiwa, objek benda, atau manusia.

 

 

SLIDE PEMBELAJARAN :

Untuk lebih memahami materi ini kalian dapat membaca dan memahami PPT di bawah ini.


 

 

PENUGASAN :

1.      Bentuklah kelompok terdiri atas 4-6 siswa

2.      Tentukanlah satu benda yang disukai sebagai objek teks deskripsi

3.      Amatilah benda yang telah dipilih dan diskusikanlah dengan teman kelompok

4.      Catatlah data-data mengenai benda tersebut, dapat menyebutkan nama, ciri-ciri, warna, fungsinya, dan sebagainya

5.      Tuliskan teks deskripsi berdasarkan data-data yang telah dicatat bersama kelompok

6.      Suntinglah teks yang telah ditulis

7.      Presentasikan hasil kerja kelompok kalian di depan kelas!

 

 

Kesimpulan: 


Alhamdulillah pertemuan hari ini kalian sudah mampu memahami langkah-langkah dan pola pengembangan dalam menyusun teks deskripsi. Dengan kalian memahami langkah-langkah dan pola pengembangan dalam menyusun teks deskripsi kalian dapat menyusun atau menuliskan teks deskripsi dengan baik dan benar.

 

Pola pengembangan dalam menyusun teks deskripsi antara lain; Deskripsi spasial, Deskripsi sudut pandang, Deskripsi pengamatan (observasi), dan Deskripsi fokus.

 

Baik itulah materi langkah-langkah dan pola pengembangan dalam menyusun teks deskripsi pada pertemuan hari ini, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kalian tanyakan langsung kepada Ibu. Ibu akhiri pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca hamdalah, Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar