Senin, 14 Agustus 2023

MENULIS TEKS DESKRIPSI

MATA PELAJARAN             : BAHASA INDONESIA

FASE / KELAS                      : FASE D/ VIIC dan VIID

TEMA                                    : CERDIK BERWACANA DESKRIPSI

MATERI                                : TEKS DESKRIPSI

ELEMEN                               : MENULIS

PERTEMUAN                       : ke 7 dari 7

GURU PENGAMPU             : NADYA RAMANDHANI, S.Pd.

WAKTU PEMBELAJARAN : SENIN, 14 Agustus 2023

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Peserta didik mulai mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan melalui teks deskripsi, narasi, prosedur, eksposisi, rekon, persuasif, dan teks transaksional menggunakan media multimodal. Peserta didik mulai mampu menulis hasil pengamatannya menggunakan dengan mengutip sumber rujukan secara etis. Peserta didik juga mulai mampu menggunakan kosakata baru terkait topik tertentu yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan dalam karangan dan esai dengan struktur yang baik sesuai dengan tipe teks. Peserta didik juga mulai mampu mengekspresikan gagasan, imajinasi, dan amanat tertentu dalam bentuk prosa dan puisi sederhana dengan menggunakan diksi dan elemen intrinsik yang menarik dan kreatif (dialog, konflik, penokohan) untuk memikat pembaca.

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik dapat mengimplementasikan menulis teks deskripsi sederhana dengan melatih menjelaskan benda kesukaannya dengan baik sesuai dengan konteks dan pembaca, serta peserta didik dapat memahami paparan orang lain dengan gestur yang baik dan menghargai dengan berlatih menilai paparan linsa teman. 

 

 

MATERI PEMBELAJARAN :

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari materi Pola Pengembangan Teks Deskripsi, ada yang masih ingat apa saja pola pengembangan dalam menyusun teks deskripsi?

Jadi, Pola pengembangan dalam menyusun teks deskripsi antara lain; Deskripsi Spasial, Deskripsi Sudut Pandang, Deskripsi Pengamatan (Observasi), dan Deskripsi Fokus.

 

Pada pertemuan hari ini kita akan belajar menuliskan teks deskripsi dengan baik dan benar sesuai dengan langkah-langkah yang menjadi aturan penulisan dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahsaan dalam menulis teks deskripsi.

 

Silahkan kalian pahami materi Langkah-Langkah Menulis Teks Deskripsi di bawah ini.

Langkah-Langkah Menyusun Teks Deskripsi

1.  Menentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan, baik itu orang, tempat, benda, hewan, suasana, maupun objek-objek lainya.

2.    Menentukan rincian teks yang mencakup identitas, deskripsi bagian, dan kesimpulan.

3.   Menyusun rincian objek ke dalam pola yang sistematis, yaitu berdasarkan urutan, waktu, tempat, dan pola-pola lainnya.

4.     Mengembangkan rincian objek menjadi teks deskripsi yang padu dan utuh

5.     Menyunting teks yang sudah jadi agar terhindar dari kesalahan-kesalahan yang mungkin ada.

Dalam menyunting perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

a.      Ketepatan penulisan ejaan

b.      Ketepatan penggunaan bahasa

c.      Penggunaan kalimat efektif

d.      Keterpaduan paragraf

 

Untuk memudahkan kegiatan penyuntingan teks, perlu memperhatikan aturan penggunaann ejaan dan tanda baca dalam bahasa Indonesia. beberapa tanda baca yang sering digunakan dalam teks deskripsi dapat dijabarkan sebagai berikut.

a.      Huruf Kapital

b.      Tanda Titik

c.      Tanda Koma

d.      Kata depan

 

 

EVALUASI / PENUGASAN :

1.     Buatlah teks deskripsi berdasarkan langkah-langkah yang sudah dipelajari!

2.     Tulislah teks deskripsi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan yang digunakan       dalam menulis teks deskripsi!

3.     Suntinglah teks yang telah ditulis dengan memperhatikan tata ejaan Bahasa Indonesia yang baik     dan benar!

4.     Presentasikan hasil kerja kalian di depan kelas!

 

 

Kesimpulan: 


Alhamdulillah pertemuan hari ini kalian sudah mampu memahami langkah-langkah dalam menulis teks deskripsi. Dengan kalian memahami langkah-langkah dalam menulis teks deskripsi kalian dapat menuliskan teks deskripsi secara baik dan benar dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan yang digunkan.

 

Langkah-Langkah Menulis Teks Deskripsi antara lain; Menentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan, Menentukan rincian teks yang mencakup identitas, deskripsi bagian, dan kesimpulan, Menyusun rincian objek ke dalam pola yang sistematis, yaitu berdasarkan urutan, waktu, tempat, dan pola-pola lainnya, Mengembangkan rincian objek menjadi teks deskripsi yang padu dan utuh, Menyunting teks yang sudah jadi agar terhindar dari kesalahan-kesalahan yang mungkin ada.

 

Dalam menyunting perlu memperhatikan beberapa hal berikut; Ketepatan penulisan ejaan, Ketepatan penggunaan bahasa, Penggunaan kalimat efektif, dan Keterpaduan paragraf.

 

Untuk memudahkan kegiatan penyuntingan teks, perlu memperhatikan aturan penggunaan ejaan dan tanda baca dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Beberapa tanda baca yang sering digunakan dalam teks deskripsi dapat dijabarkan sebagai berikut; Huruf Kapital, Tanda Koma, Tanda Titik, dan Kata depan.

 

 

Baik itulah cara menulis teks deskripsi pada pertemuan hari ini, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kalian tanyakan langsung kepada Ibu. Ibu akhiri pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca hamdalah, Alhamdulillah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar