FASE / KELAS : FASE D/ VIIC dan VIID
TEMA : TEKS BERITA
ELEMEN : MEMBACA DAN MEMIRSA
PERTEMUAN : 8
GURU PENGAMPU : NADYA RAMANDHANI, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN : SENIN, 05 FEBRUARI 2024
CAPAIAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik mampu mengevaluasi informasi melalui penilaian ketepatan gagasan, pikiran, arahan, pandangan, atau pesan dari teks deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan diskusi, dari teks tulis, visual, audiovisual dengan membandingkan informasi tersebut dengan pengalaman dan pengetahuannya.
Peserta didik juga mampu menilai pemilihan diksi, kosakata, serta cara penyajian data sesuai dengan tipe teks dan tujuan penulisan pada teks fiksi dan informasional secara sederhana. Peserta didik menilai elemen intrinsik seperti alur dan perubahan sikap tokoh dalam teks fiksi. Peserta didik mulai mampu menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi informasi pada teks yang sesuai jenjangnya.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik mampu membacakan sebuah berita dengan benar.
MATERI PEMBELAJARAN :
Pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita yaitu terdiri dari 4 struktur (judul berita, teras berita, badan berita, dan kaki atau ekor berita) serta 6 kaidah kebahasaan, Alhamdulillah kalian sudah mampu dan paham terhadap materi yang sudah dipelajari dengan baik.
Pada pertemuan hari ini kita akan melanjutkan materi Teks berita yaitu tentang Langkah-langkah dalam membaca sebuah berita.
Silahkan kalian baca dan pahami materi Langkah-langkah membaca Teks Berita di bawah ini.
• Syarat-Syarat Berita
Untuk membuat berita, perhatikan syarat-syarat berikut.
1. Faktual
Berita harus berdasarkan fakta atau kenyataan yang sebenarnya
2. Aktual
Berita harus terkini atau terbaru, jarak maupun waktu kejadian harus berdekatan dengan waktu penyampaian berita
3. Berimbang
Berita harus asli, tidak boleh memihak satu orang atau pihak tertentu
4. Lengkap
Berita harus disusun secara lengkap, agar berita jelas, mudah dimengerti, dan memenuhi unsur-unsur berita
5. Akurat
Berita haruslah akurat, menyusun berita harus bertanya kepada pihak-pihak yang bersangkutan dengan berita yang akan disampaikan
6. Sistematis
Berita harus disusun secara urut, tuntut, dan informasi penting diletakkan di awal.
• Menyajikan Teks Berita secara Lisan
Pembaca dituntut memiliki keterampilan membaca agar isi berita mudah dimengerti pendengar. Berikut ini hal-hal yang sebaiknya diperhatikan seorang pembaca berita.
1. Memahami isi teks berita
2. Memahami satuan struktur bahasa
3. Menggunakan lafal yang jelas
4. Menggunakan intonasi yang tepat
5. Memperhatikan kejelasan ucapan
6. Menempatkan jeda panjang maupun pendek secara tepat
7. Memberikan tekanan yang tepat
8. Mengatur kecepatan gerak mata
9. Menggunakan ekspresi wajah secara tepat sesuai isi berita
10. Mengatur napas dengan tepat
EVALUASI:
1. Bacalah atau lihatlah sebuah berita yang berada di surat kabar, majalah, televisi, maupun internet
2. Perhatikan kelengkapan unsur-unsur beritanya
3. Tulislah sebuah berita dengan peristiwa yang kalian tentukan sendiri
4. Bacakan berita tersebut di depan kelas dengan cara seperti presenter yang sedang membacakan berita
Berikut ini video contoh presenter membacakan berita.
KESIMPULAN:
Alhamdulillah pertemuan hari ini kalian sudah mampu memahami materi Langkah-langkah dalam membaca Teks Berita. Dengan kalian memahami materi tersebut kalian dapat membacakan sebuah berita dengan baik dan benar.
Baik itulah materi kita pada pertemuan hari ini, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kalian tanyakan langsung kepada Ibu. Ibu akhiri pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca hamdalah, Alhamdulillah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar