Kamis, 22 Februari 2024

BUKU FIKSI DAN NONFIKSI

MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA

FASE / KELAS : FASE D/ VII A dan VIID

TEMA : BUKU FIKSI DAN NONFIKSI

ELEMEN : MEMBACA DAN MEMIRSA

PERTEMUAN : 1

GURU PENGAMPU : NADYA RAMANDHANI, S.Pd.

WAKTU PEMBELAJARAN : KAMIS, 22 FEBRUARI2024


CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Peserta didik mampu mengevaluasi informasi melalui penilaian ketepatan gagasan, pikiran, arahan, pandangan, atau pesan dari teks deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan diskusi, dari teks tulis, visual, audiovisual dengan membandingkan informasi tersebut dengan pengalaman dan pengetahuannya.

Peserta didik juga mampu menilai pemilihan diksi, kosakata, serta cara penyajian data sesuai dengan tipe teks dan tujuan penulisan pada teks fiksi dan informasional secara sederhana. Peserta didik menilai elemen intrinsik seperti alur dan perubahan sikap tokoh dalam teks fiksi. Peserta didik mulai mampu menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi informasi pada teks yang sesuai jenjangnya.


TUJUAN PEMBELAJARAN:

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik mampu mengembangkan strategi memahami cerita dengan memprediksi gambar sampul cerita dengan baik dan mampu mengenali perbedaan dan persamaan bagian-bagian pada buku fiksi dan nonfiksi dengan membandingkannya bagian tersebut dengan teliti.


MATERI PEMBELAJARAN :

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah melaksanakan Post Test yaitu materi Teks Berita. Alhamdulillah kalian sudah mampu dan paham terhadap materi Teks Berita mulai dari pengertian, ciri-ciri, unsur-unsur, struktur, dan kaidah kebahasaan teks berita serta sudah mampu membuat berita dan membacakannya.

Pada pertemuan hari ini kita akan memulai materi baru yaitu Buku Fiksi dan Nonfiksi, materi yang akan kita bahas yaitu unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi, lagkah-langkah menemukan unsur buku fiksi dan nonfiksi, bagian-bagian buku fiksi dan nonfiksi, dan perbedaan antara buku fiksi dan nonfiksi.

Silahkan kalian baca dan pahami materi Buku Fiksi dan Nonfiksi  di bawah ini.

Unsur-Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi

1. Cover atau Sampul merupakab bagian pelindung luar buku yang terdiri atas judul buku, sampul depan buku, penulis buku, ilustrator buku, punggung buku, sinopsis buku, kode batang buku, dan sampul nelakang buku

2. Halama pendahuluan merupakan halaman sebelum isi buku. bagian ini terdiri atas judul, hak cipta, catatan hak cipta, prakata, kata pengantar, dan daftar isi

3. Isi memuat informasi atau materi. unsur buku ini dapat ditemukan dengan mendata bab atau subbab buku, garis besar isi bab atau subabab, dan merinci isi buku.

4. Halaman penutup buku merupakan bagian akhir buku. bagian ini terdiri atas catatan penutup, daftar istilah atau glosarium, lampiran, indeks, daftar pustaka, dan biografi penulis.


SLIDE PEMBELAJARAN:

Silahkan kalian baca dan pahami materi yang disajikan di bawah ini.

 

EVALUASI:

Bacalah buku dipepustakaan kemudian carilah buku yang termasuk kedalam jenis buku fiksi atau buku nonfiksi. Tuliskan unsur-unsur yang terkandung di dalam buku fiksi dan nonfiksi.


KESIMPULAN:

Alhamdulillah pertemuan hari ini kalian sudah mampu memahami materi Buku Fiksi dan Nonfiksi yaitu unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi, lagkah-langkah menemukan unsur buku fiksi dan nonfiksi, bagian-bagian buku fiksi dan nonfiksi, dan perbedaan antara buku fiksi dan nonfiksi. Dengan kalian memahami materi Buku Fiksi dan Nonfiksi kalian dapat mengetahui unsur-unsur apa saja yang ada di dalam buku fiksi dan nonfiksi serta dapat membedakan mana yang termasuk ke dalam buku fiksi dan nonfiksi.

Baik itulah materi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi, lagkah-langkah menemukan unsur buku fiksi dan nonfiksi, bagian-bagian buku fiksi dan nonfiksi, dan perbedaan antara buku fiksi dan nonfiksi pada pertemuan hari ini, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kalian tanyakan langsung kepada Ibu. Ibu akhiri pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca hamdalah, Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar