Selasa, 23 Januari 2024

STRUKTUR TEKS BERITA

MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA

FASE / KELAS : FASE D/ VIIC

TEMA : TEKS BERITA

ELEMEN : MEMBACA DAN MEMIRSA

PERTEMUAN : 3

GURU PENGAMPU : NADYA RAMANDHANI, S.Pd.

WAKTU PEMBELAJARAN : JUMAT, 19 JANUARI 2024


CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Peserta didik mampu mengevaluasi informasi melalui penilaian ketepatan gagasan, pikiran, arahan, pandangan, atau pesan dari teks deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan diskusi, dari teks tulis, visual, audiovisual dengan membandingkan informasi tersebut dengan pengalaman dan pengetahuannya.

Peserta didik juga mampu menilai pemilihan diksi, kosakata, serta cara penyajian data sesuai dengan tipe teks dan tujuan penulisan pada teks fiksi dan informasional secara sederhana. Peserta didik menilai elemen intrinsik seperti alur dan perubahan sikap tokoh dalam teks fiksi. Peserta didik mulai mampu menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi informasi pada teks yang sesuai jenjangnya.


TUJUAN PEMBELAJARAN:

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik mampu menganalisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita.


MATERI PEMBELAJARAN :

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari Pengertian Teks Berita, Ciri-ciri Teks Berita, Unsur-unsur Teks Berita, dan menyimpulkan Teks Berita, Alhamdulillah kalian sudah mampu dan paham terhadap materi yang sudah dipelajari dengan baik.

Pada pertemuan hari ini kita akan melanjutkan materi Teks berita yaitu tentang Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita.


Silahkan kalian baca dan pahami materi Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita di bawah ini.

Struktur Berita

Struktur Berita terdiri atas empat hal, yaitu sebagai berikut.

1. Judul

Judul atau headline berisi kata kunci yang menggambarkan isi berita. Judul berita harus menarik dan biasanya memuat beberapa unsur berita.


2. Teras Berita (Kepala Berita atau Orientasi)

Teras Berita, kepala berita, lead news, atau orientasi ada di awal berita. Teras berita merupakan pembuka tentang hal yang akan diberitakan. Biasanya pada bagian ini menjelaskan peristiwa atau kejadian secara singkat.


3. Badan Berita 

Badan Berita berisi informasi yang menjelaskan informasi yang ada di teras berita. Badan berita berisi peristiwa, peristiwa tersebut merupakan kejadian yang benar-benar terjadi. Bagian ini membahas urutan kejadian atau peristiwa dari awal hingga akhir berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan. Pada tahap ini, peristiwa atau kejadian diceritakan secara detail. Kelanjutan unsur ADIKSIMBA juga termuat di bagian ini.


4. Kaki atau Ekor Berita 

Kaki atau Ekor Berita menampilkan informasi tambahan. Kaki berita tidak mempengaruhi isi teks berita secara keseluruhan.


Kaidah Kebahasaan Berita

Kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks berita, diantaranya kata baku, kalimat langsung, konjungsi, dan kata kerja.

1. Kata Baku

Kata baku adalah kata yang cara pengucapan dan penulisannya sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD), tata bahasa baku, dan Kamis umum.


2. Konjungsi

Konjungsi adalah kata penghubung yang berfungsi menghubungkan dua atau lebih klausa, kalimat, atau paragraf.

Konjungsi ada beberapa jenis yaitu:

A. Konjungsi temporal, merupakan konjungsi yang mengacu pada waktu dan sekaligus sebagai sarana kohesi teks

B. Konjungsi kronologis adalah suatu kalimat yang mempunyai kata penghubung untuk menjelaskan urutan waktu.


3. Konjungsi bahwa, berfungsi sebagai penerang kata yang diikutinya. Hal ini terkait dengan perubahan bentuk kalimat langsung menjadi kalimat yang tidak langsung.


4. Kalimat langsung adalah kalimat yang menirukan ucapan atau ujaran orang lain. Bagian ujaran atau ucapan diberi dua tanda petik ("...") dapat berupa kalimat perintah, kalimat berita, atau kalimat tanya.


5. Kata kerja mental adalah jenis kata kerja yang mengekspresikan sikap atau respons seseorang terhadap suatu tindakan, pengalaman, atau keberadaan. Kata kerja mental menunjukkan aksi yang menerapkan persepsi seperti suasana hari, atau perasaan


6. Keterangan waktu dan tempat berfungsi sebagai konsekuensi dari perlunya kelengkapan suatu berita yang mencakup unsur kapan dan dimana.


EVALUASI:

1. Buatlah kelompok terdiri dari 3-5 siswa

2. Carilah teks berita yang mudah kalian pahami

3. Analisis lah struktur yang terdapat dalam teks berita tersebut.

4. Presentasikan hasil analisis kelompok di depan kelas


KESIMPULAN:

Alhamdulillah pertemuan hari ini kalian sudah mampu memahami materi Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita. Dengan kalian memahami materi Teks berita kalian dapat mengetahui struktur dan kaidah kebahasaan apa saja yang ada di dalam teks berita yang dibaca, didengar, atau ditonton.

Baik itulah materi struktur dan kaidah kebahasaan teks berita pada pertemuan hari ini, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kalian tanyakan langsung kepada Ibu. Ibu akhiri pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca hamdalah, Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar