Senin, 29 Januari 2024

MEMBACAKAN BERITA

MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA

FASE / KELAS : FASE D/ VIIC dan VIID

TEMA : TEKS BERITA

ELEMEN : BERBICARA DAN MEMPRESENTASIKAN

PERTEMUAN : 6

GURU PENGAMPU : NADYA RAMANDHANI, S.Pd.

WAKTU PEMBELAJARAN : SENIN, 29 JANUARI 2024


CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Peserta didik mulai mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan untuk memecahkan masalah dan solusi dalam bentuk monolog, pendapat lisan dalam dialog secara logis, kritis, dan kreatif. Dalam mengemukakan gagasan tersebut, peserta didikmulai mampu menggunakan kosakata baru yang  memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan sesuai dengan tipe teks, pendengar, norma kesopanan, dan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mulai mampu berpartisipasi dalam diskusi secara aktif, kontributif, dan santun dengan tuturan yang empatik, efektif, dalam bentuk paparan fiksi dan informasional menggunakan media multimodal. Peserta didikmulai mampu memaparkan berbagai topik aktual dengan persiapan yang baik berdasarkan pengamatan dan pengalamannya.


TUJUAN PEMBELAJARAN:

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik mampu membacakan sebuah berita dengan benar.


MATERI PEMBELAJARAN :

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita yaitu terdiri dari 4 struktur (judul berita, teras berita, badan berita, dan kaki atau ekor berita) serta 6 kaidah kebahasaan, Alhamdulillah kalian sudah mampu dan paham terhadap materi yang sudah dipelajari dengan baik.

Pada pertemuan hari ini kita akan melanjutkan materi Teks berita yaitu tentang Langkah-langkah dalam membaca sebuah berita.

Silahkan kalian baca dan pahami materi Langkah-langkah membaca Teks Berita di bawah ini.


• Langkah-Langkah Penyampaian Berita

Adapun langkah-langkah penyampaian berita sebagai berikut.

1. Menentukan sumber berita, yakni berupa peristiwa yang menarik dan menyangkut kepentingan banyak orang.

2. Mendatangi sumber berita, yakni dengan mengamati langsung dan mewawancarai orang-orang yang berhubungan dengan peristiwa itu.

3. Mencatat fakta-fakta dengan berkerangka pada pola ADIKSIMBA.

4. Mengembangkan catatan itu menjadi sebuah teks berita yang utuh, yang disajikan mulai dari bagaian yang penting ke yang kurang penting.


EVALUASI:

1. Bacalah atau lihatlah sebuah berita yang berada di surat kabar, majalah, televisi, maupun internet

2. Perhatikan kelengkapan unsur-unsur beritanya

3. Tulislah sebuah berita dengan peristiwa yang kalian tentukan sendiri

4. Bacakan berita tersebut di depan kelas dengan cara seperti presenter yang sedang membacakan berita


Berikut ini video contoh presenter membacakan berita.





KESIMPULAN:

Alhamdulillah pertemuan hari ini kalian sudah mampu memahami materi Langkah-langkah dalam membaca Teks Berita. Dengan kalian memahami materi tersebut kalian dapat membacakan sebuah berita dengan baik dan benar.

Baik itulah materi kita pada pertemuan hari ini, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kalian tanyakan langsung kepada Ibu. Ibu akhiri pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca hamdalah, Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar