Kamis, 23 November 2023

PRAKTIK TEKS PROSEDUR

MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA

FASE / KELAS : FASE D/ VIIA dan VIID

ELEMEN : BERBICARA DAN MEMPRESENTASIKAN 

MATERI : TEKS PROSEDUR 

PERTEMUAN : ke 6

GURU PENGAMPU : NADYA RAMANDHANI, S.Pd.

WAKTU PEMBELAJARAN : KAMIS, 23 NOVEMBER 2023


CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Peserta didik mulai mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan untuk memecahkan masalah dan solusi dalam bentuk monolog, pendapat lisan dalam dialog secara logis, kritis, dan kreatif. Dalam mengemukakan gagasan tersebut, peserta didik mulai mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan sesuai dengan tipe teks, pendengar, norma kesopanan, dan tujuan berkomunikasi.

Peserta didik mulai mampu berpartisipasi dalam diskusi secara aktif, kontributif, dan santun dengan tuturan yang empatik, efektif, dalam bentuk paparan fiksi dan informasional menggunakan media multimodal. Peserta didik mulai mampu memaparkan berbagai topik aktual dengan persiapan yang baik berdasarkan pengamatan dan pengalamannya.


TUJUAN PEMBELAJARAN :

Setelah mengikuti pembelajaran ini Peserta didik dapat berlatih menyajikan teks prosedur lisan melalui kegiatan membuat vlog dengan menarik dan efektif


MATERI PEMBELAJARAN :

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari Pengertian Teks Prosedur, Ciri-Ciri Teks Prosedur, Jenis-Jenis Teks Prosedur, Struktur Teks Prosedur, Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur, dan Langkah-Langkah Teks Prosedur.


Pada pertemuan hari ini kita akan melaksanakan praktik dalam teks prosedur yaitu melakukan kegiatan berdasarkan langkah-langkahnya.


Silahkan kalian tonton dan pahami contoh video cara melakukan sesuatu sesuai dengan tahapan-tahapannya.



Kesimpulan: 

Alhamdulillah pertemuan kita hari ini sudah melaksanakan  praktik dalam teks prosedur yaitu melakukan kegiatan berdasarkan langkah-langkahnya. Semoga materi yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat dan bisa langsung kita implementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.


Baik itulah kegiatan praktik kita hari ini yaitu melakukan kegiatan berdasarkan langkah-langkahnya. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kalian tanyakan langsung kepada Ibu. Ibu akhiri pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca hamdalah, Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar