Kamis, 09 November 2023

TEKS PROSEDUR

MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA

FASE / KELAS : FASE D/ VIIA dan VIID

TEMA : TEKS PROSEDUR 

ELEMEN : MEMBACA DAN MEMIRSA

PERTEMUAN : 2

GURU PENGAMPU : NADYA RAMANDHANI, S.Pd.

WAKTU PEMBELAJARAN : KAMIS, 09 November 2023


CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Peserta didik mampu mengevaluasi informasi melalui penilaian ketepatan gagasan, pikiran, arahan, pandangan, atau pesan dari teks deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan diskusi, dari teks tulis, visual, audiovisual dengan membandingkan informasi tersebut dengan pengalaman dan pengetahuannya.

Peserta didik juga mampu menilai pemilihan diksi, kosakata, serta cara penyajian data sesuai dengan tipe teks dan tujuan penulisan pada teks fiksi dan informasional secara sederhana. Peserta didik menilai elemen intrinsik seperti alur dan perubahan sikap tokoh dalam teks fiksi. Peserta didik mulai mampu menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi informasi pada teks yang sesuai jenjangnya.


TUJUAN PEMBELAJARAN :

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik mampu mengidentifikasi pengertian, ciri-ciri, dan jenis teks prosedur 


MATERI PEMBELAJARAN :

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas soal Post Test dan pengertian Teks Prosedur. Alhamdulillah kalian sudah paham yang dimaksud dengan teks prosedur.

Pada pertemuan hari ini kita akan melanjutkan materi Teks Prosedur yaitu Ciri-Ciri Teks Prosedur, dan Jenis-Jenis Teks Prosedur.

Silahkan kalian pahami materi Teks Prosedur di bawah ini.

Pengertian Teks Prosedur 

Teks prosedur merupakan teks yang memberikan informasi tentang cara membuat atau melakukan sesuatu. Tujuan dari teks ini adalah untuk menjelaskan tahapan, kegiatan, atau langkah yang harus dilakukan agar pembaca dapat secara baik dan tepat mengikuti sebuah proses dalam membuat, melakukan, atau menggunakan suatu alat.

Ciri-Ciri Teks Prosedur 

Teks Prosedur memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

Secara umum, ciri-ciri teks prosedur adalah sebagai berikut.

1. Berisikan langkah-langkah

2. Disusun secara informatif

3. Bersifat objektif

4. Informasi yang disajikan bersifat universal

5. Bersifat aktual dan akurat

6. Bersifat logis


SLIDE PEMBELAJARAN:

Berikut ini slide pembelajaran teks prosedur, baca dan pahami materi di bawah.



Evaluasi:

Bacalah salah satu contoh teks prosedur kemudian ceritakan apa saja bahan dan cara pembuatannya.


Kesimpulan: 

Alhamdulillah pertemuan hari ini kalian sudah mampu memahami materi Teks Prosedur yaitu pengertian, ciri-ciri, dan jenis-jenis teks prosedur. Dengan kalian memahami materi Teks prosedur kalian dapat mengetahui tata cara atau langkah-langkah dalam melakukan sesuatu.

Baik itulah materi pengertian, ciri-ciri, jenis, dan jenis-jenis teks prosedur pada pertemuan hari ini, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kalian tanyakan langsung kepada Ibu. Ibu akhiri pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca hamdalah, Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar