11 April 2022 – 15 April 2022
Hari, Tanggal : Senin, 11 April 2022 (Kelas 8B dan
8C)
Selasa,
12 April 2022 (Kelas 8D)
Jumat,
15 April 2022 (Kelas 8E)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VIII
Materi : Keragaman Informasi dalam Buku Fiksi/Nonfiksi
Kompetensi
Dasar:
3.18 Menelaah
unsur buku fiksi dan nonfiksi yang
dibaca
4.18 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan/ tertulis
Tujuan
Pembelajaran:
Setelah
mempelajari KD 3.18 dan 4.18 peserta didk diharapkan dapat :
1. Menelaah
unsur buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca dengan benar.
2. Menyajikan
tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan/tertulis
dengan sistematis.
Assalammualaikum Wr. Wb.
Apa kabarnya anak-anak Ibu yang sholih dan sholihah? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walafiat dan tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan. Baiklah sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini mari kita berdoa terlebih dahulu dan pastikan kalian sudah melaksanakan Sholat Dhuha dan Murojaahnya ya anak-anak Ibu yang sholih sholihah.
Kemarin kita sudah selesai mempelajari informasi awal tentang keragaman
buku fiksi dan nonfiksi, selanjutnya pertemuan kita pada hari ini akan membahas
tentang Unsur-Unsur
Menarik dalam Buku
Fiksi/Nonfiksi. Silahkan kalian pahami
materi Unsur-Unsur dalam
Buku Fiksi/Nonfiksi di bawah ini.
Setelah membaca dan pahami materi Unsur-Unsur dalam Buku Fiksi/Nonfiks kalian kerjakan tugas yaitu memberikan penilaian/tanggapan terkait unsur-unsur dalam buku fiksi/nonfiksi.
Tugas:
1. Pilihlah
salah satu buku bacaan yang kalian punya.
2. Catatlah
identitas buku secara lengkap seperti judul, pengarang, penerbit, ketebalan
buku, dan lain sebagainya.
3. Lakukanlah
telaah terhadap buku tersebut berdasarkan unsur-unsurnya!
Identitas Buku
Buku
Fiksi |
Buku
Nonfksi |
||
Identitas |
Identitas |
||
Judul: |
|
Judul: |
|
Pengarang: |
|
Pengarang: |
|
Penerbit: |
|
Penerbit: |
|
Ketebalan: |
|
Ketebalan: |
|
Daya
Tarik: |
|
Daya
Tarik: |
|
Buku Fiksi
Aspek |
Bobot/Skor
Maksimal |
Skor diperoleh |
Keterangan |
Tema |
10 |
|
|
Alur |
10 |
|
|
Tokoh dan
Penokohan |
15 |
|
|
Latar |
15 |
|
|
Sudut Pandang |
10 |
|
|
Amanat |
20 |
|
|
Gaya Bahasa |
20 |
|
|
Jumlah |
100 |
|
|
Buku Nonfiksi
Aspek |
Bobot/Skor
Maksimal |
Skor diperoleh |
Keterangan |
Bagian halaman
cover |
10 |
|
|
Bagian sistematika |
10 |
|
|
Bagian bab dan
judul |
10 |
|
|
Bagian rincian
bab dan isi |
25 |
|
|
Bagian penyajian
isi |
25 |
|
|
Bagian bahasa
yang digunakan |
20 |
|
|
Jumlah |
100 |
|
|
Jika ada yang
kurang jelas mengenai materinya silahkan tanyakan ke Ibu, kemudian Ibu ingatkan
kembali bagi yang belum lengkap tugasnya silahkan dilengkapi yaa nak, Ibu
tunggu.
Ibu akhiri pembelajaran kita pada
hari ini dengan membaca hamdalah. Alhamdulilah.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Assalamualaikum
BalasHapusChalisa Amira gunawan 8b
Assalamualaikum
BalasHapusNama : Chelsea Aprilia Susanti
Kelas : 8B
Ket : Hadir
Terimakasih
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Assalamualaikum
BalasHapusNama : Chelsy Azzahra Zahira
Kelas : 8C
Ket : Hadir
Terima kasih
Assalamu'alaikum bu
BalasHapusNama:Abdul Khodir Zailani
Kls :8C
Ket:Hadir
W assalamu'alaikum wrwb
Assalamualaikum
BalasHapusNama:keysha yasinta
Kelas: 8B
Ket hadir
Terima kasih