MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
FASE / KELAS : FASE D/ VIIC DAN VIID
TEMA : BUKU FIKSI DAN NONFIKSI
ELEMEN : MENULIS
PERTEMUAN : 5
GURU PENGAMPU : NADYA RAMANDHANI, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN : SENIN, 01 APRIL 2024
CAPAIAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik mulai mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan melalui teks deskripsi, narasi, prosedur, eksposisi, rekon, persuasif, dan teks transaksional menggunakan media multimodal. Peserta didik mulai mampu menulis hasil pengamatannya menggunakan dengan mengutip sumber rujukan secara etis. Peserta didik juga mulai mampu menggunakan kosakata baru terkait topik tertentu yang memiliki makna denotatif, konotatif,dan kiasan dalam karangan dan esai dengan struktur yang baik sesuai dengan tipe teks. Peserta didik juga mulai mampu mengekspresikan gagasan, imajinasi, dan amanat tertentu dalam bentuk prosa dan puisi sederhana dengan menggunakan diksi dan elemen intrinsik yang menarik dan kreatif (dialog, konflik, penokohan) untuk memikat pembaca.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik mampu menuliskan tanggapannya terhadap bacaan dengan menuliskan rangkuman bacaan berdasarkan gagasan pokok dari setiap subbab dengan baik.
MATERI PEMBELAJARAN :
Pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari materi langkah-langkah membuat peta pikiran (mind map). Pada pertemuan hari ini kita akan melanjutkan materi yaitu membuat peta pikiran (mind map) dan menanggapi buku fiksi nonfiksi yang sudah dibaca.
Silahkan kalian baca dan pahami materi Buku Fiksi dan Nonfiksi di bawah ini.
A. Membuat Peta Pikiran (Mind Map) dari Isi Buku Fiksi dan Nonfiksi
Langkah-Langkah merangkum dalam bentuk peta pikiran (Mind Map) sebagai berikut.
1. Membaca buku dari awal sampai akhir
2. Mencatat garis besar isi buku dalam bentuk gagasan pokok
3. Menentukan poin-poin penting di setiap bab.
4. Menghubungkan setiap bab dalam buku dengan poin-poin penting yang telah ditemukan menggunakan garis
Untuk membuat peta pikiran (Mind Map), ikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Menuliskan ide utama atau pusat mulai dari bagian tengah kertas kosong.
2. Menggunakan gambar atau foto untuk ide utama.
3. Menggunakan warna-warna yang menarik.
4. Menghubungkan cabang utama ke cabang yang lebih spesifik atau kecil.
5. Membuat garis hubung.
6. Menggunakan satu kata kunci untuk setiap garis.
7. Menggunakan gambar.
B. Menanggapi Buku Fiksi dan Nonfiksi
Berikut ini beberapa tanggapan mengenai buku fiksi dan nonfiksi.
1. Persetujuan
Persetujuan merupakan pernyataan setuju atau menyetujui, untuk menyatakan persetujuan terhadap buku dapat memberikan pujian.
2. Kritik
Kritik merupakan kencaman atau tanggapan, atau kupasan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap sebuah buku. Mengkritik memerlukan uraian atau pertimbangan baik buruk terhadap buku. Kritik muncul karena seseorang tidak setuju atau tidak suka terhadap buku. Kritik terhadap buku disampaikan dengan tujuan mengkoreksi buku. Kritik yang baik bersifat objektif dan disertai saran.
3. Saran
Saran merupakan pendapat (usul,anjuran,cita-cita) yang disampaikan untuk dipertimbangkan. Saran berarti solusi untuk memperbaiki kesalahan atau kekeliruan. Saran atau opini yang disampaiakn untuk memperbaiki kekurangan buku. Saran disampaikan dengan tujuan memperbaiki suatu hal dan melengkapi suatu objek.
C. Menyampaikan Tanggapan
Hal-hal berikut untuk mengungkapkan kritik dan saran.
1. Membaca buku fiksi dan nonfiksi dari awal hingga akhir
2. Mencatat hal-hal yang hendak dikritik dan diberikan saran
3. Mengemukakan tanggapan dengan Bahasa Infonesia buku yang baik, komunikatif, dan sederhana.
4. Memberikan argumen untuk memperkuat kritik dan saran
5. Jika kritik atau saran disampaiakn secara lisan, perhatikan hal-hal berikut.
a. Menyampaikan kritik dan saran dengan bahasa yang baik. Menggunakan nada yang wajar, tidak terkesan menentang atau tidak menghargai, dan tidak perlu tergesa-gesa.
b. Mengarahkan pandangan ke pendengar dan memunculkan ekspresi wajah dan gerak tubuh yang santun, ramah, dan bersahabat.
c. Memberikan penekanan pada bagian yang diperlukan untuk memperjelas makna.
EVALUASI:
Carilah jenis buku fiksi atau buku nonfiksi di perpustakaan, kemudian bacalah dan pahami isi yang terdapat didalam buku tersebut. Setelah itu rangkumlah dalam bentuk peta pikiran (Mind Map) sesuai dengan pemahaman kalian.
Berilah tanggapan terhadap buku Fiksi dan buku Nonfiksi yang sudah kalian baca dan pahami tersebut.
Contoh Peta Pikiran (Mind Map) buku fiksi atau buku nonfiksi.
KESIMPULAN:
Alhamdulillah pertemuan hari ini kalian sudah mampu memahami materi Buku Fiksi dan Nonfiksi yaitu membuat peta pikiran (Mind Map) serta menanggapi buku fiksi dan nonfiksi yang sudah dibaca dan pahami. Dengan kalian memahami materi Buku Fiksi dan Nonfiksi tersebut kalian dapat membuat sebuah peta pikiran (Mind Map) secara menarik sesuai dengan pemahaman dari hasil bacaan, serta dapat menanggapi buku fiksi dan nonfiksi yang sudah dibaca dan pahami tersebut.
Baik itulah materi membuat peta pikiran (Mind Map) serta menanggapi buku fiksi dan nonfiksi pada pertemuan hari ini, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kalian tanyakan langsung kepada Ibu. Ibu akhiri pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca hamdalah, Alhamdulillah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar