MATA PELAJARAN : BAHASA INDOBESIA
KELAS : VII A, B, C, D
FASE : D
ELEMEN : Membaca dan Memirsa
GURU PENGAMPUH : NADYA RAMANDHANI, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN : Senin - Jumat, 24 - 28 Juli 2023
CAPAIAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik mampu mengevaluasi informasi melalui penilaian ketepatan
gagasan, pikiran, arahan, pandangan,
atau pesan dari teks deskripsi,
laporan, narasi, rekon, eksplanasi,
eksposisi dan diskusi, dari teks
tulis, visual, audiovisual dengan membandingkan informasi tersebut dengan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik juga mampu menilai pemilihan diksi,
kosakata, serta cara penyajian data sesuai dengan tipe teks dan tujuan penulisan pada teks fiksi dan informasional secara sederhana. Peserta didik menilai elemen intrinsik seperti alur dan perubahan sikap tokoh dalam teks fiksi. Peserta didik mulai mampu menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi informasi pada teks yang sesuai
jenjangnya.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Selama dan
setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.1 Peserta didik dapat menemukan informasi eksplisit pada teks deskripsi dan menyimpulkannya melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan tepat.
1.2 Peserta didik mengidentifikasi gaya penulisan teks deskripsi di media sosial dengan menuliskan kalimat ungkapan yang menyapa pembaca dengan baik.
1.3 Peserta
didik mengembangkan pemahamannya terhadap kata-kata yang jarang muncul dengan menemukan arti kata pada
kamus secara mandiri dan tepat.
MATERI PEMBELAJARAN :
Pengertian Teks Deskripsi
Teks Deskripsi adalah teks yang mendeskripsikan objek secara rinci dan konkret agar pembaca benar-benar memiliki gambaran nyata terhadap suatu hal dengan melibatkan panca indra.
Ciri-Ciri Teks Deskripsi
1. Menggambarkan benda, tempat, atau suasana
tertentu.
2. Melibatkan pancaindra untuk menggambarkan
objek.
3. Membuat
pancaindra seolah-olah dapat melihat atau merasakan objek yang diamati.
4. Menjelaskan ciri-ciri objek seperti
ukuran, letak, warna, atau kondisi objek secara terperinci.
Jenis-Jenis Teks Deskripsi
1. Subjektif
Penggambaran objek
berdasarkan kesan penulis
2. Objektif
Penggambaran objek
berdasarkan keadaan sebenarnya
3. Spasial
Penggambaran objek
berdasarkan ukuran, tata letak, dan ruang
SLIDE PEMBELAJARAN :
1. Buatlah kelompok belajar yang terdiri atas 3-4 orang.
2. Bacalah secara keseluruhan teks deskripsi yang berjudul “Pantan Terong yang Instagramable!”
3. Jawablah pertanyaan di bawah ini!
a. Apa objek yang dideskripsikan dalam tulisan Rafa di atas?
b. Di kota mana objek tersebut berada?
c. Pada pengantar tulisan, mengapa disebut Rafa tak menyesal mengusulkan destinasi wisata ini kepada keluarganya?
d. Tuliskan kembali dua kutipan kalimat Rafa yang menunjukkan kesannya terhadap objek tersebut!
e. Tempat wisata tak hanya menyuguhkan pemandangan yang Instagramable, tetapi juga kisah di balik terbentuknya bentang alam, cerita dibalik pembuatan cendera mata, serta makanan khas daerah tersebut. Kegiatan apakah yang prnah kalian lakukan saat berwisata selain mendokumentasikan keindahan tempat tersebut?
f. “ Jangan ambil apapun selain foto jangan bunuh apapun selain waktu, dan jangan tinggalkan apapun selain jejak kakimu”, merupakan ungkapan penting yang perlu dicantumkan oleh pengunjung tempat wisata. Menurut kalian, apa maksud pernyataan tersebut.
4. Carilah kata-kata yang menurut kalian asing/jarang didengar kemudian cari arti atau maknanya di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar