Sabtu, 30 Juli 2022

Struktur Berita, Kaidah Kebahasaan Berita, Menulis Berita, dan Membacakan Berita

01 Agustus 2022 - 04 Agustus 2022

Hari, Tanggal : Senin, 01 Agustus 2022 (Kelas 8A dan 8C)

                        Selasa, 02 Agustus 2022 (Kelas 8B)  

                        Rabu, 03 Agustus 2022 (Kelas 8C dan 8A)

                        Kamis, 04 Agustus 2022 (Kelas 8B)                        

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : VIII

Materi : Teks Berita

Kompetensi Dasar:

3.2  Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca berita

4.2  Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik).

Tujuan Pembelajaran:

1.      Menganalisis struktur teks berita yang digunakan dalam menulis  bagian-bagian teks berita.

2.      Menganalisis kaidah kebahasaan (bahasa baku, kalimat langsung, konjungsi bawah, konjungsi temporal dan kronologis, keterangan waktu, kata kerja mental) yang digunakan dalam menulis  bagian-bagian teks berita.

3.      Menganalisis kaidah kebahasaan (bahasa baku, kalimat langsung, konjungsi bawah, konjungsi temporal dan kronologis, keterangan waktu, kata kerja mental) yang digunakan dalam menulis  bagian-bagian teks berita.

 

Assalammualaikum Wr. Wb.

Apa kabar anak-anak Ibu yang sholih dan sholihah? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walafiat, tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan ya. Baiklah sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini mari kita berdoa terlebih dahulu.

Pertemuan kita hari ini akan melanjutkan materi mengenai struktur dan kaidah kebahasaan teks berita, dalam teks terdapat struktur dan kaidah kebahasaannya. Berikut materi struktur dan kaidah kebahasaan berita, baca dan pahami yaa nak.

•Struktur Berita

Berdasarkan struktur atau susunannya, teks berita dikelompokkan ke dalam dua bagian yaitu berupa informasi penting dan informasi kurang penting.

Informasi penting disebut juga pokok-pokok informasi atau unsur-unsur berita yaitu ADIKSIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana)

Keenam unsur tersebut terdapat pada bagian kepala beruta dan tubuh berita. Adapun susunan dari unsur-unsur berita bisa bervariatif, misalnya ada yang didahului dengan penyajian “Apa”, ada pula diawali dengan “kapan”. Pertanyaan “bagaimana” bisa ditempatkan pada bagian tubuh berita.

Informasi yang kurang penting disebut uraian atau ekor berita. Bagian ekor berita berada setelah kepala atau badan berita.

Struktur dalam berita terdiri atas tiga yaitu

1.      Kepala berita

2.      Tubuh berita

3.      Ekor berita

Dengan struktur penyajian informasi seperti itu, segi kepentingan suatu informasi semakin ke bawah semakin berkurang. Sebaliknya informasi yang pnting terletak pada bagian atas. Berikut bagan struktur berita.


•Kaidah Kebahasaan Berita

Di dalam teks berita kata atau kalimat memiliki kaidah atau aturan tersendiri. Kaidah-kaidah tersebut dapat dijadikan sebagai ciri atau pembeda antara teks berita dengan teks yang lain. Berikut adalah kaidah kebahasaan teks berita.

a.      Penggunaan bahasa bersifat standar (baku)

Bahasa standar atau baku lebih mudah dipahami oleh pembaca.

b.     Penggunaan kalimat langsung

Kalimat langsung ditandai oleh dua tanda petik ganda (“....”) disertai keterangan penyertanya.

c.     Penggunaan konjungsi bahwa yang berfungsi sebagai penerang kata yang diikutinya.

d.     Penggunaan kata kerja mental atau kata kerja yang berkaitan dengan kegiatan dari hasil pemikiran. Kata-kata yang dimaksud antara lain memikirkan, membayangkan, berasumsi, berpraduga, berkesimpulan, dan beranalogi.

e.      Penggunaan fungsi keterangan waktu dan tempat sebagai konsekuensi dari perlunya kelengkapan suatu berita yang mencakup unsur kapan dan di mana.

f.      Penggunaan konjungsi temporal atau penjumlahan, seperti kemudian, sejak, setelah, awalnya, akhirnya. Hal ini berkaitan dengan pola penyajian berita yang umumnya mengikuti pola kronologis (ururan waktu).

Baik itulah materi struktur dan kaidah kebahasaan teks berita, setelah kalian baca dan pahami materi di atas, silahkan kalian baca teks berita yang telah ibu sediakan yang berjudul Konferensi internasional Data and Computational Journalism Conference Indonesia (DCJ-CI) 2022 kemudian analisis lah struktur dan kaidah kebahasaan yang terdapat pada teks berita tersebut.

Tugas:

1.      Bacalah dan pahami teks berita yang berjudul Konferensi internasional Data and Computational Journalism Conference Indonesia (DCJ-CI) 2022

2.      Temukanlah mana yang termasuk bagian kepala berita, tubuh berita, dan ekor berita secara berkelompok

3.      Sajikanlah hasil pekerjaan kalian dalam bentuk laporan sebagai berikut.

Judul  Berita

.....

Struktur Berita

Bagian-Bagian Berita

Paragraf ke-

Paparan Isi

1.      Kepala Berita

 

 

2.      Tubuh Berita

 

 

3.      Ekor Berita

 

 

4.      Tunjukkanlah kaidah-kaidah kebahasaan yang menandai berita tersebut dengan berdiskusi kelompok.

5.      Gunakan format berikut sebagai bentuk laporan.

Kaidah Kebahasaan

Isi kalimat

a.       Kebakuan Bahasa

 

b.      Kalimat Langsung

 

c.       Konjungsi bahwa

 

d.      Konjungsi temporal/kronologis

 

e.       Keterangan waktu

 

f.       Kata kerja mental

 

• Langkah-Langkah Penyampaian Berita

Adapun langkah-langkah penyampaian berita sebagai berikut.

1.      Menentukan sumber berita, yakni berupa peristiwa yang menarik dan menyangkut kepentingan banyak orang.

2.      Mendatangi sumber berita, yakni dengan mengamati langsung dan mewawancarai orang-orang yang berhubungan dengan peristiwa itu.

3.      Mencatat fakta-fakta dengan berkerangka pada pola ADIKSIMBA.

4.      Mengembangkan catatan itu menjadi sebuah teks berita yang utuh, yang disajikan mulai dari bagaian yang penting ke yang kurang penting.

Tugas:

1.      Bacalah atau lihatlah sebuah berita yang berada di surat kabar, majalah, televisi, maupun internet

2.      Perhatikan kelengkapan unsur-unsur beritanya

3.      Tulislah sebuah berita dengan peristiwa yang kalian tentukan sendiri

4.      Bacakan berita tersebut di depan kelas dengan cara seperti presenter yang sedang membacakan berita

Ibu akhiri pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca hamdalah. Alhamdulilah.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar