Senin, 16 Januari 2023

STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS ULASAN

MATA PELAJARAN               : BAHASA INDOBESIA

KELAS                                   : VIII C-A-B

GURU PENGAMPUH           : NADYA RAMANDHANI, S.Pd.

WAKTU PEMBELAJARAN   : 18 Januari - 19 Januari 20232 dan 23 - 24 Januari 2023

KOMPETENSI DASAR :

3.12     Menelaah struktur  dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca.

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN :

 

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:

1.    Mengidentifikasi struktur kebahasaan teks ulasan.

2.    Menjelaskan struktur kebahasaan teks ulasan.

3.    Menganalisis struktur kebahasaan teks ulasan.

4.    Mengidentifikasi kaidah kebahasaan teks ulasan.

5.    Menjelaskan kaidah kebahasaan teks ulasan.

6.    Menganalisis kaidah kebahasaan teks ulasan.

 

 

MATERI PEMBELAJARAN :

Struktur Teks Ulasan:

1.      Identitas Karya

Identitas karya mencakup judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku.

2.      Orientasi

Orientasi menjelaskan suatu karya untuk mendapatkan penghargaan tertentu atau suatu karya banyak mendapatkan perhatian masyarakat.

3.      Sinopsis

Sinopsis merupakan ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap sebuah karya yang diulas.

4.      Analisis

Analisis berisi paparan tentang keberadaan unsur sebuah karya, seperti tema, penokohan, dan alur.

5.      Evaluasi

Evaluasi berisi penilaian terhadap suatu karya yang diulas, baik kelebihannya maupun kekurangannya.

6.      Rekomendasi

Rekomendasi berisi paparan anjuran untuk menikmati atau tidak sebuah karya yang disertai dengan alasan.

 

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan:

1.      Banyak menggunakan konjungsi penerang, seperti bahwa, yakni, yaitu

2.      Banyak menggunakan konjungsi temporal, seperti sejak, semenjak, kemudian, akhirnya.

3.      Banyak menggunakan konjungsi penyebab, seperti karena, sebab.

4.      Menggunakan pernyataan yang berupa saran atau rekomendasi pada bagian akhir teks. Hal ini ditandai oleh kata jangan, harus, hendaknya.

 

 

SLIDE PEMBELAJARAN :



PENUGASAN :

Carilah contoh Teks yang termasuk ke dalam teks ulasan dari berbagai karya yang kalian miliki!

Jumat, 13 Januari 2023

MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA

MATA PELAJARAN                  : BAHASA INDONESIA

KELAS                                      : VIII A-B-C

GURU PENGAMPUH               : NADYA RAMANDHANI, S.Pd.

WAKTU PEMBELAJARAN       : 16 - 17 Januari 2023

KOMPETENSI DASAR             : 4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.

TUJUAN PEMBELAJARAN : 

1. Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya yang dibaca atau didengar.


MATERI PEMBELAJARAN :

Langkah-Langkah dalam Menceritakan Kembali Isi Teks Ulasan:

1. Melakukan pengamatan terhadap teks ulasan yang ingin diceritakan.

2. Membaca teks ulasan yang ingin diceritakan dengan cermat

3. Menentukan pokok-pokok atau isi teks ulasan yang dibaca.

4. Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita.

5. Menuliskan poin-poin penting, diantaranya;

    a. Identitas karya

    b. Isi Teks Ulasan

    c. Kelebihan dan Kekurangan Teks Ulasan

6. Menceritakan kembali isi teks ulasan dengan bahasa sendiri secara lisan dan tertulis.


SLIDE PEMBELAJARAN : 

 


 Video Menceritakan Kembali Teks Ulasan:

PENUGASAN:
Ceritakanlah kembali isi teks ulasan yang kalian ulas dari salah satu karya di depan kelas! 

Selasa, 10 Januari 2023

Menceritakan Kembali Isi Teks Ulasan

11 Januari 2023 – 12 Januari 2023

Hari, Tanggal : Rabu, 11 Januari 2023 (Kelas 8C dan 8A)

                        Kamis, 12 Januari 2023 (Kelas 8B)

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : VIII

Materi : Teks Ulasan

Kompetensi Dasar:

4.11Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.

 

Tujuan Pembelajaran:

     Pertemuan 4:

1.      Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya yang dibaca atau didengar.

 

Assalammualaikum Wr. Wb.

Apa kabar anak-anak Ibu yang sholih dan sholihah? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walafiat dan tetap menjaga kesehatan ya nak dan selalu bersemangat dalam belajar.

Pertemuan kemarin kita sudah mengidentifikasi salah satu karya yang dapat diulas berdasarkan kelebihan dan kekurangnnya, kemudian sudah mempelajari materi Langkah-Langkah dalam Mengidentifikasi Kelebihan dan Kekurangan Teks Ulasan. Pada pertemuan kita hari ini akan melanjutkan materi selanjutnya yaitu Langkah-Langkah Menceritakan Kembali Isi dari Teks Ulasan. Silahkan kalian baca dan pahami materi di bawah ini.


Baik itulah materi Langkah-Langkah Menceritakan Kembali Isi dari Teks Ulasan. Setelah kalian baca dan pahami materi di atas, silahkan kerjakan tugas di bawah ini.


Tugas:

1.      Bacalah/ dengarkanlah/ tontonlah salah satu karya berupa buku, novel, cerpen, film, drama, lagu dll. yang sebelumnya pernah kalian baca/dengrkan/tonton!

2.      Ceritakanlah kembali isi yang terdapat dalam karya tersebut dalam bentuk tulisan sesuai dengan langkah-langkah dalam menceritakan kembali isi teks ulasan.

3.      Ceritakanlah kembali isi teks ulasan tersebut di depan kelas!

Berikut Format Penulisan Tugas:

Judul buku

...............................................

Penulis

...............................................

Penerbit

...............................................

Tahun terbit

...............................................

Jumlah halaman/durasi

...............................................

Informasi penting

...............................................

Kelebihan dan kekurangan

...............................................

a. Kelebihan

...............................................

b. Kekurangan

...............................................

Simpulan

...............................................

Saran-saran

...............................................


Jika masih ada materi yang belum jelas silahkan tanyakan dengan ibu yaa nak.

Ibu akhiri pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca hamdalah. Alhamdulilah.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sabtu, 07 Januari 2023

Menganalisis Karya Berdasarkan Kelebihan dan Kekurangan

 09 Januari 2023 – 10 Januari 2023

Hari, Tanggal : Senin, 09 Januari 2023 (Kelas 8A dan 8C)

                        Selasa, 10 Januari 2023 (Kelas 8B)

 

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : VIII

Materi : Teks Ulasan

Kompetensi Dasar:

4.11Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.

 

Tujuan Pembelajaran:

     Pertemuan 3:

1.      Menuliskan informasi terkait kelebihan yang terdapat pada teks ulasan

2.      Menuliskan informasi terkait kekurangan yang terdapat pada teks ulasan

 

Assalammualaikum Wr. Wb.

Apa kabar anak-anak Ibu yang sholih dan sholihah? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walafiat dan tetap menjaga kesehatan ya nak dan selalu bersemangat dalam belajar.

Pertemuan kemarin kita sudah mengidentifikasi salah satu film Indonesia yang berjudul “Tikus Berlubang” dan sudah mempelajari materi Jenis dan Kelebihan maupun Kekurangan Teks Ulasan. Pada pertemuan kita hari ini akan melanjutkan materi selanjutnya yaitu tentang Langkah-Langkah dalam Mengidentifikasi Kelebihan dan Kekurangan Teks Ulasan dan Langkah-Langkah Menceritakan Kembali Isi dari Teks Ulasan. Silahkan kalian baca dan pahami materi di bawah ini.


Manfaat Mempelajari Teks Ulasan adalah sebagai berikut:

1.      Memperkuat daya kritik

2.      Munculnya sikap apresiatif

3.      Meningkatkan pemahaman terhadap suatu karya

4.      Menambah pengetahuan

 

Langkah-Langkah dalam Mengidentifikasi Kelebihan dan Kekurangan Teks Ulasan:

1.      Bacalah atau tontonlah secara saksama teks ulasan tersebut

2.      Perhatikan kelengkapan bagian atau struktur teks ulasan dan isinya

3.      Temukan unsur-unsur yang mendukung kelangkapan struktur teks dan isinya

4.      Perhatikan bahasa yang digunakan dalam teks ulasan

5.      Temukan unsur-unsur yang tidak mendukung kelengkapan teks ulasan

 

Langkah-Langkah dalam Menceritakan Kembali Isi Teks Ulasan:

1.      Melakukan pengamatan terhadap teks ulasan yang ingin diceritakan

2.      Membaca teks ulasan yang ingin diceritakan

3.      Menuliskan poin-poin penting, diantaranya;

a.       Identitas karya

b.      Isi Teks Ulasan

c.       Kelebihan dan Kekurangan Teks Ulasan

 

Baik itulah materi tentang Langkah-Langkah dalam Mengidentifikasi Kelebihan dan Kekurangan Teks Ulasan dan Langkah-Langkah Menceritakan Kembali Isi dari Teks Ulasan. Setelah kalian baca dan pahami materi di atas, silahkan kerjakan tugas di bawah ini.

Tugas:

1.      Bacalah atau tontonlah sebuah karya yang termasuk ke dalam salah satu teks ulasan!

2.      Jelaskanlah isi karya dari objek yang diulas!

3.      Tuliskan pula kelebihan dan kekurangan karya tersebut secara garis besar!


Jika masih ada materi yang belum jelas silahkan tanyakan dengan ibu yaa nak.

Ibu akhiri pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca hamdalah. Alhamdulilah.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sabtu, 31 Desember 2022

Teks Ulasan KD 3.11

02 Januari 2023 – 05 Januari 2023

Hari, Tanggal : Senin, 02 Januari 2023 (Kelas 8A dan 8C)

                        Selasa, 03 Januari 2023 (Kelas 8B)

                        Rabu, 04 Januari 2023 (Kelas 8C dan 8A)    

                        Kamis, 05 Januari 2023 (Kelas 8B)

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : VIII

Materi : Teks Ulasan

Kompetensi Dasar:

3.11Mengidentifikasi  informasi pada teks  ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan.

 

Tujuan Pembelajaran:

      Pertemuan 1:

1.    Mengamati beberapa model teks ulasan

2.    Mengidentifikasi pengertian teks ulasan

3.    Mengidentifikasi macam-macam isi teks ulasan

4.    Menjelaskan pengertian teks ulasan

5.    Menjelaskan macam-macam isi teks ulasan

 

Pertemuan 2:

1.   Mengidentifikasi ciri-ciri teks ulasan

2.   Mengidentifikasi jenis-jenis teks ulasan

3.   Mengidentifikasi kelebihan teks ulasan

4.   Mengidentifikasi kekurangan teks ulasan

5.   Menjelaskan kelebihan dan kekurangan teks ulasan

 

Assalammualaikum Wr. Wb.

Apa kabar anak-anak Ibu yang sholih dan sholihah? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walafiat dan tetap menjaga kesehatan ya nak.

Bagaimana liburannya kemarin menyenangkan tidak? Alhamdulillah kalau liburan kalian menyenangkan. Sekarang waktunya kita melanjutkan rutinitas kita seperti biasa yaitu memulai pembelajaran di tahun yang baru ini, semoga kalian makin semangat belajarnya dan menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Aamiin ya rabbal alamin...

Pada pertemuan kita hari ini akan melanjutkan materi selanjutnya yaitu tentang Teks Ulasan. Silahkan kalian baca dan pahami materi di bawah ini.

Baik itulah materi tentang Pengertian Teks Ulasan, Macam-Macam Isi Teks Ulasan, Ciri-Ciri Teks Ulasan, Jenis-Jenis Teks Ulasan serta Kelebihan dan Kekurangan Teks Ulasan setelah kalian baca dan pahami materi di atas, silahkan kerjakan tugas di bawah ini.


Tugas:

Carilah objek yang termasuk ke dalam teks ulasan dari berbagai sumber kemudian tulis isi teksnya tersebut (tidak boleh sama antara teman satu dengan yang lainnya)

Jenis Karya

Judul

Isi

I

II

I

II

1.  Kumpulan Cerpen

 

 

 

 

2.  Novel

 

 

 

 

3.  Buku Ilmu Pengetahuan

 

 

 

 

4.  Film

 

 

 

 

5.  Kumpulan Puisi

 

 

 

 

6.  Drama

 

 

 

 

Selamat mengerjakan anak-anak hebat.

Jika masih ada materi yang belum jelas silahkan tanyakan dengan ibu yaa nak.

Ibu akhiri pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca hamdalah. Alhamdulilah.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Selasa, 22 November 2022

KISI-KISI PAS GANJIL BAHASA INDONESIA KELAS 8

23 November 2022 – 24 November 2022

Guru Pelajaran: Nadya Ramandhani, S.Pd.

Hari, Tanggal : Rabu, 23 November 2022 (Kelas 8C dan 8A)

                        Kamis, 24 November 2022 (Kelas 8B)

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas               : VIII

Materi              : Kisi-Kisi Penilaian Tengah Semester (PAS)

Tujuan             : 1. Peserta didik dapat memahami materi dari kisi-kisi PAS

                          2. Peserta didik mempu mengerjakan soal-soal PAS dengan lancar

 

Assalammualaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi anak Ibu yang sholih dan sholihah, Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walafiat, tetap menjaga kesehatan, dan tetap semangat belajar ya nak. Baiklah sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini mari kita berdoa terlebih dahulu. Semoga kegiatan pembelajaran kita pada hari ini berjalan dengan lancar.

Pertemuan kemarin kita sudah selesai melaksanakan pembelajaran selama enak bulan atau satu semester yang terdiri atas materi teks berita, iklan slogan poster, teks eksposisi, teks puisi, dan teks ekplanasi. Pada tanggal 28 November kita akan melaksanakan PAS Ganjil, tentunya diperlukan persiapan sebelum melaksanakan PAS. Persiapan tersebut adalah dengan belajar mengenai materi yang sudah kita pelajari yaitu hanya 3 bab saja yakni teks berita, iklan slogan dan poster, dan teks eksplanasi.

Jadwal PAS Bahasa Indonesia yaitu pada hari Senin, 28 November 2022 yaitu dengan 50 butir soal pilihan ganda dengan menggunakan Simaskot. Adapun kisi-kisi yang terdapat pada soal adalah sebagai berikut.


  

Kalian baca dan pelajari kembali materi yang termasuk ke dalam kisi-kisi PAS Bahasa Indonesia kelas 8 untuk dapat dipersiapkan terlebih dahulu, sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

Jika terapat materi yang kurang dipahami bisa tanyakan dengan ibu yaa nak

Selamat belajar dan semangat mengerjakan soal PAS nya yaa anak-anak Ibu yang sholih dan sholihah.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.